10 Aplikasi Berbahaya di Play Store Bagi Anak di Bawah 18 Tahun

9 Upaya Google Untuk Menghilangkan Aplikasi Berbahaya

10 Aplikasi Berbahaya di Play Store Bagi Anak di Bawah 18 Tahun РAplikasi berbahaya di Play Store itu semacam software jahat yang tidak kamu inginkan terpasang di HP-mu. Makanya, kamu mesti sangat hati-hati kalau mau mendownload aplikasi tersebut. Penulis jamin, ada banyak aplikasi-aplikasi keren di Play Store, tapi juga ada yang bisa bikin masalah serius buat HP, data pribadi  dan bahkan tidak sesuai untuk menjadi tontonan anak-anak usia dibawah 18 tahun kebawah.

Nah, jadi, bagaimana cara kita tahu kalau suatu aplikasi itu berbahaya? Biasanya, aplikasi berbahaya ini punya tanda-tanda yang mencurigakan, seperti permintaan ijin yang tidak masuk akal. Misalnya, ada aplikasi game sederhana yang minta akses ke kamera, lokasi, atau kontak kita. Kalau tidak ada alasan jelas buat itu, bisa jadi aplikasi itu punya niat jahat.

Selain itu, aplikasi berbahaya juga bisa jadi tidak punya lisensi resmi dari pengembangnya. Jadi, kamu harus mengecek terlebih dahulu apakah nama pengembangnya terpercaya atau tidak. Kalau tidak, mendingan skip saja.

Tidak hanya itu, aplikasi berbahaya juga sering kali punya ulasan yang buruk dari pengguna lain. Jadi, pastikan kamu membaca dulu review dan rating dari orang lain sebelum download aplikasi itu. Kalau ada banyak laporan yang bermasalah, sebaiknya kamu tidak usah mengambil risiko untuk mendownloadnya.

Ingat, ya guys, menghindari aplikasi berbahaya di Play Store itu sangat penting buat keamanan HP dan data kamu sendiri. Jadi, selalu waspada dan bijak saat memilih aplikasi buat menginstallnya. Kalau tidak yakin, lebih baik skip daripada kamu menyesal kemudian hari.

Di kesempatan ini, kita akan membahas tentang aplikasi berbahaya bagi anak-anak usia dibawah 18 tahun yang ada di PlayStore. Kebanyakan dari kita, selaku orang tua kurang memahami atau bahkan tidak mengerti bahwa dampak yang akan timbul akibat penggunaan aplikasi ini bagi anak-anak kita.

Untuk itu, agar orangtua dapat lebih jeli dan ketat dalam mengawasi anak-anak ketika menggunakan aplikasi yang sesuai, maka penulis akan memberikan beberapa masukan tentang beberapa aplikasi yang tidak layak untuk menjadi bahan tontonan anak-anak. Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan berikut ini !

10 Aplikasi Berbahaya di Play Store Bagi Anak di Bawah 18 Tahun

1. Bigo Live

BIGO LIVE adalah aplikasi streaming langsung yang mengundang orang-orang untuk menunjukkan bakat mereka dan berbicara dengan orang-orang yang menarik. Namun, karena kontennya adalah buatan pengguna, konten tersebut dapat berisi ketelanjangan, bahasa yang buruk, dan bahkan kekerasan.

2. Vsco

Aplikasi fotografi yang menyediakan berbagai alat kepada pengguna untuk mengambil atau mengunggah foto, mengedit dan bahkan menambahkan filter Vsco. Sehingga  ini bisa menghabiskan banyak uang hasil jerih payah kamu jika anak mengunduhnya.

3. Tumblr

Anak-anak hingga remaja menggunakan aplikasi ini dan sebagian aplikasi jejaring sosial untuk membuat dan berbagi konten seperti teks, foto, audio, atau video. Tumblr terlalu cabul untuk anak-anak karena konten yang tidak pantas, penuh kekerasan, dan bahkan pornografi mudah terakses oleh pengguna.

4. Holla

Holla adalah aplikasi obrolan video yang mememilik fitur pelacakan lokasi, sehingga dapat diaktifkan untuk mencocokkan dengan seseorang sekitar. Namun, kekerasan, dan ketelanjangan ada dalam aplikasi ini, sehingga menjadi aplikasi media sosial terburuk untuk anak-anak.

5. Voxer

Ini adalah aplikasi push-to-talk yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima pesan suara singkat dengan cepat. Voxer mendapatkan popularitas di kalangan remaja yang dapat menjadi korban penindas maya.

6. House Party
Houseparty ialah jejaring sosial bagi pengguna untuk berkomunikasi satu sama lain melalui teks dan obrolan video di sebuah ruangan. Tidak hanya videonya langsung, tapi juga tidak ada alat pemutaran apa pun. Sehingga anak-anak sangat mungkin melihat konten yang tidak pantas.
7. Periscope

Periscope memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming konten audio dan bahkan video kemudian membagikannya dengan pengguna lain. Jika obrolan atau streaming video terlibat, bahaya keamanan secara otomatis muncul.

8. Blendr

Ini adalah aplikasi menggoda yang menggunakan pelacakan GPS untuk menunjukkan pengguna terdekat yang juga tertarik untuk berkencan. Dapat disalahgunakan oleh pengguna sehingga mendapat informasi pribadi dari anak-anak yang tidak bersalah untuk menyakiti mereka nanti.

9. Omegle

Omegle merupakan aplikasi obrolan video yang memungkinkan dua pihak menikmati obrolan video sambil tetap anonim. Aplikasi inisebagai tempat yang sempurna untuk predator yang mengejar anak-anak yang tidak menaruh curiga.

10. Whisper

Aplikasi tersebut, meskipun, menjaga identitas pengguna tetap anonim,namun itu menunjukkan lokasi area dari mana pesan dikirim. Akibatnya, setiap pemangsa cabul online dapat menentukan lokasi korban.

Author: Rayres