10 Aplikasi Hiburan di PlayStore Perlu Pengawasan Orang Tua

10 Aplikasi Hiburan di PlayStore Perlu Pengawasan Orang Tua

10 Aplikasi Hiburan di PlayStore Perlu Pengawasan Orang Tua РAplikasi hiburan untuk orang dewasa di Play Store mencakup berbagai jenis konten, mulai dari streaming video, musik, hingga permainan yang ditujukan untuk audiens yang lebih matang.

Tidak bisa terpungkiri  bahwa aplikasi hiburan di PlayStore memang sangat asyik gaes! Bahkan sangat banyak opsi seru dari game sampai streaming video yang bikin kita ketagihan. Tapi, kamu tahu tidak, sebenarnya perlu mendapat perhatian lebih, apalagi buat anak-anak. Makanya, peran orang tua itu sangat krusial, gaes buat mengawasi apa aja yang mereka download dan mainkan.

Ya, kita tahu sendiri lah, PlayStore itu ibarat hutan belantara nan luas. Banyak aplikasi yang tidak sesuai buat anak-anak. Jadi, orang tua bisa memilih-milih dan mengecek dulu sebelum diijinkan anak download. Bukan cuma soal konten, tapi juga privacy dan iklan yang muncul. Beberapa aplikasi sangat sering mencuri data pribadi.

Terus, selain konten, durasi main juga penting menjadi perhatian. Banyak game yang bisa bikin anak lupa waktu, apalagi kalau sudah asyik banget. Jadi, orang tua harus tahu berapa lama si anak main, biar tidak sampai lupa waktu buat belajar atau pun beraktivitas lainnya. Jangan sampai main game saja seharian, kan tidak sehat.

Tidak hanya itu, aplikasi hiburan juga bisa jadi ajang interaksi sosial buat anak-anak. Jadi, orang tua juga perlu legowo juga, siapa saja teman-temannya di dalam game atau aplikasi itu. Biar tiadk ada yang nge-bully atau mengajak hal-hal yang tidak sehat..

Nah, yang lebih seram lagi, ada juga aplikasi yang bisa saja punya risiko keamanan. Misalnya, ada fitur chat atau share foto yang bisa dijadikan kesempatan buat orang-orang yang tidak baik. Makanya, orang tua harus mengajarkan anak-anaknya buat tidak share informasi pribadi secara sembarangan.

Jadi, intinya, aplikasi hiburan di PlayStore memang seru, tapi harus diperhatikan. Orang tua itu harus proaktif dan mengawasi anak-anaknya, biar tidak ada yang bikin kesal dan mengancam keamanan mereka. Pokoknya, jangan sampai asyik main game, tapi keamanan dan kesehatan anak terabaikan.

10 Aplikasi Hiburan di PlayStore Perlu Pengawasan Orang Tua

1. Netflix

Netflix adalah platform streaming populer yang menawarkan berbagai film, serial TV, dan dokumenter. Kontennya melibatkan berbagai genre, seperti drama, komedi, dan horor, hingga lainnya.

2. Hulu

Ini adalah aplikasi streaming yang menyediakan akses ke berbagai program TV, film, dan konten eksklusif. Hulu bahkan memiliki pembaruan episode serial TV lebih cepat daripada platform lain.

3. Spotify

Spotify adalah aplikasi streaming musik yang menunjang pengguna mendengarkan jutaan lagu dari berbagai genre. Pengguna dapat membuat daftar putar pribadi dan bahkan menikmati musik tanpa iklan dengan versi premium.

4. YouTube

YouTube menyediakan berbagai konten video, termasuk vlog, tutorial, musik, dan banyak lagi. Selain itu, YouTube Premium memungkinkan pengguna menikmati konten tanpa iklan dan mendownload video untuk ditonton secara offline.

5. Amazon Prime Video

Layanan streaming ini menawarkan berbagai film, serial TV, dan konten orisinal Amazon. Pengguna Amazon Prime juga mendapatkan manfaat tambahan, seperti pengiriman cepat dan akses ke layanan lainnya.

6. Twitch

Twitch adalah platform streaming yang fokus pada permainan video, tetapi juga menyediakan konten lain seperti streaming musik, acara talk show, dan lainnya. Banyak orang dewasa menikmati menonton pemain game profesional atau konten kreatif di Twitch.

7. Audible

Audible merupakan platform audiobook yang menawarkan berbagai judul buku yang dapat didengarkan. Cocok untuk orang dewasa, sehingga bagi anak-anak yang menggunakannya, perlu pendampingan orang tua.

8. Reddit

Aplikasi Reddit menyediakan akses ke berbagai forum atau subreddits yang membahas topik-topik beragam. Reddit adalah sumber hiburan yang baik dengan konten yang dapat disesuaikan dengan minat pengguna.

9. IMDb

IMDb memberikan informasi tentang film, serial TV, dan selebriti. Aplikasi ini cocok untuk orang dewasa, sehingga bagi anak-anak perlu pendampingan orangtua.

10. Steam

Steam adalah platform game digital yang menyediakan berbagai permainan untuk PC. Orang dewasa yang menyukai permainan video sehingga perlu pengawasan orangtua.

Aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang kebanyakan kontennya khusus bagi orangdewasa. Oleh karena itu, sangat penting bagi keterlibatan orang tua dalam hal pengawasan apabila anak-anak mereka menonton.

Author: Rayres