10 Aplikasi Perlu Diketahui Orang Tua Ketika Anak Memainkannya

10 Aplikasi Perlu Diketahui Orang Tua Ketika Anak Memainkannya

10 Aplikasi Perlu Diketahui Orang Tua Ketika Anak Memainkannya – Merujuk pada program perangkat lunak yang dirancang untuk digunakan oleh anak-anak. Pertama-tama, penting bagi orang tua untuk memahami konten dan tujuan aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi terdesain untuk tujuan pendidikan, sementara yang lain mungkin lebih bersifat hiburan. Oleh karena itu, orang tua perlu menilai apakah aplikasi tersebut sesuai dengan nilai-nilai dan kebutuhan pendidikan anak.

Selanjutnya, orang tua juga perlu memperhatikan fitur keamanan dan privasi dalam aplikasi. Pastikan bahwa aplikasi tersebut tidak meminta informasi pribadi anak yang tidak relevan atau memerlukan izin yang tidak wajar. Pilihan kontrol orang tua, seperti pembatasan waktu bermain dan filter konten, juga penting untuk teridentifikasi dalam penggunaannya.

Orang tua juga sebaiknya mengevaluasi apakah aplikasi tersebut mendorong kolaborasi dan interaksi sosial positif. Aplikasi yang mempromosikan keterlibatan anak dengan teman sebaya atau pengguna lainnya dapat memberikan pengalaman bermain yang lebih bermanfaat. Selain itu, perhatikan apakah aplikasi tersebut memberikan peluang bagi perkembangan keterampilan kognitif, kreativitas, dan bahkan kemampuan pemecahan masalah anak.

Selalu penting bagi orang tua untuk mengikuti perkembangan teknologi dan memahami tren terbaru dalam aplikasi anak-anak. Melibatkan diri dalam pemahaman tersebut dapat membantu orang tua menjaga keamanan anak dan memastikan bahwa aplikasi yang dimainkan memberikan manfaat positif untuk perkembangan anak. Pemantauan secara berkala terhadap interaksi anak dengan aplikasi juga sangat perlu agar orang tua dapat mengambil langkah-langkah yang perlu jika ada perubahan yang perlu mendapat perhatian.

Tentunya sebagai orangtua perlu mengetahui nama-nama aplikasi apa saja yang perlu mendapat pengawasan  ketika anak-anak memainkannya baik seorangdiri, maupun saat main bareng teman-teman mereka. Nah pada kesempatan ini, penulis akan memeparkan beberapa aplikasi tersebut dengan harapan dapat menjadi panduan orang tua. Untuk itu mari simak ulasannya!

10 Aplikasi Perlu Diketahui Orang Tua Ketika Anak Memainkannya

Sebagai seorang orang tua, penting untuk memahami aplikasi yang digunakan oleh anak-anak. Beberapa aplikasi di Google Play Store yang bahkan mungkin perlu mendapat pengawasan atau perhatian oleh orang tua pada saat anak-anak memainkannya.

10 Aplikasi Perlu Diketahui Orang Tua Ketika Anak Memainkannya :

1. YouTube Kids

Versi khusus YouTube yang dirancang untuk anak-anak dengan konten yang lebih bersih dan aman. Meskipun demikian, perlu tetap diawasi.

2. Family Link

Aplikasi resmi dari Google yang memungkinkan orang tua memonitor dan mengendalikan aktivitas online anak-anak, seperti waktu layar dan aplikasi yang terunduh.

3. Messenger Kids

Versi anak-anak dari aplikasi pesan Facebook Messenger, terancang untuk memberikan pengalaman berkomunikasi yang lebih aman.

4. Kiddle

Salah satu mesin pencari yang terancang khusus untuk anak-anak dengan filter konten yang lebih ketat.

5. Kahoot!

Platform pembelajaran yang populer pada kalangan siswa dan guru, sehingga memungkinkan orang tua untuk memantau bagaimana anak-anak menggunakan aplikasi untuk pembelajaran.

6. Duolingo

Aplikasi pembelajaran bahasa yang menyenangkan dan efektif. Orang tua bahkan dapat memantau kemajuan belajar anak-anak.

7. ABCmouse

Aplikasi pembelajaran pra-sekolah dan dasar yang menyediakan berbagai aktivitas pendidikan. Menawarkan pembelajaran yang terstruktur.

8. Netflix Kids

Sebagai bagian dari platform Netflix, versi ini menawarkan konten yang cocok untuk anak-anak dengan pengaturan kontrol orang tua.

9. PBS Kids Video

Aplikasi ini menawarkan video edukatif dari acara PBS Kids yang terkenal.

10. Endless Alphabet

Aplikasi edukatif untuk anak-anak yang membantu mereka belajar abjad dan bahkan kosa kata melalui permainan yang interaktif.

Penting untuk terus berkomunikasi dengan anak-anak dan memahami cara mereka menggunakan aplikasi ini. Selain itu, orang tua dapat memanfaatkan pengaturan kontrol orang tua pada perangkat atau aplikasi untuk memastikan pengalaman online yang aman dan bermanfaat bagi anak-anak.

Author: Rayres