6 Aplikasi Kencan Online di PlayStore Harus Diwaspadai OrangTua

6 Aplikasi Kencan Online di PlayStore Harus Diwaspadai OrangTua

6 Aplikasi Kencan Online di PlayStore Harus Diwaspadai OrangTua – Ada namanya aplikasi kencan online di PlayStore. Jadi, ini semacam tempat buat orang-orang mencari pacar atau teman dekat. Tapi, para ortu-ortu mesti stay dan kerja ekstra buat hal ini. Tidak semua aplikasi kencan online itu aman buat anak-anak bahkan beberapa dari aplikasi ini bisa jadi berbahaya.

Sebagai orang tua, sebaiknya cek duluĀ  privasi dan keamanannya. Banyak aplikasi kencan yang kurang peduli sama data pribadi penggunanya. Ortu-ortu bahkan harus pastikan kalau informasi anaknya tidak bakal tersalahgunakan atau tersebar secara sembarangan.

Waspada sama konten dewasa. Beberapa aplikasi kencan online bisa saja punya materi yang tidak sesuai buat anak-anak. Bisa jadi, ada yang punya foto atau obrolan yang tidak pantas dalam artian, foto-foto tersebut sangat vulgar, sehingga para ortu-ortu mesti memperhatikan hal ini.

Kontrol umur. Sebagian aplikasi punya batasan umur, tapi tidak semuanya juga yang memiliki batasanĀ  itu. Makanya, ortu mesti cek dan memastikan kalau aplikasi itu aman buat anak-anaknya. Jangan sampai mereka masuk ke lingkungan yang tidak sesuai umurnya.

Selalu pastikan anak-anak mengerti tentang privasi online, biar tidak asal memberi info ke orang asing. Ortu-ortu bisa mengajarkan anak-anaknya buat hati-hati sama yang namanya data pribadi. Bahkan, orang tua harus tahu siapa saja teman online anak. Tidak semua orang di aplikasi kencan itu benar-benar jujur. Mungkin ada yang pura-pura atau punya niat kurang baik. Ortu-ortu perlu ajak anak buat ngobrol dan berbagi pengalaman soal teman-teman online mereka.

Ajarkan anak buat tidak gampang kepo. Mereka perlu mengerti kalau tidak semua orang itu sebaik kelihatan di layar. Ortu-ortu bisa jadikan ini sebagai peluang buat mengobrol sama anak soal keamanan online dan cara bersikap yang baik di dunia maya. Jadi,sebagai orang tua sendiri, harus memberi mereka pemahaman tentang dunia kencan online itu penting sangat.

6 Aplikasi Kencan Online di PlayStore Harus Diwaspadai OrangTua

Beberapa aplikasi kencan dapat memberikan akses ke komunikasi yang tidak selalu sesuai untuk anak-anak atau remaja (anak bawah usia 18 tahun). Oleh karena itu sangat penting peran serta orang tua dalam mengawasi setiap anak-anaknya ketika bermain game online ataupun menggunakan aplikasi yang ada di Play Store.

Hal ini sangat penting buat mereka, agar tidak terkontaminasi dengan hal-hal negatif yang tentunya dapat berpengaruh pada pertumbuhan dan perilaku mereka. Bahkan dampak yang timbul pun bisa sampai pada kondisi psiklogis seperti malas untuk bergerak, mengisolir diri, dan sifat egoisme yang tinggi.

6 aplikasi kencan yang harus diwasadai oleh orangtua :

1. Tinder

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat profil dengan foto dan deskripsi singkat. Pengguna kemudian dapat menggeser ke kiri atau kanan untuk menyukai atau melewati profil pengguna lain.

2. Bumble

Serupa dengan Tinder, Bumble memungkinkan pengguna membuat profil dan saling menyukai. Namun, dalam aplikasi ini, hanya wanita yang dapat memulai percakapan setelah adanya saling ketertarikan.

3. OkCupid

OkCupid menggunakan kuesioner dan algoritma untuk mencocokkan pengguna berdasarkan minat dan preferensi mereka. Profil pengguna juga dapat mencakup banyak detail tentang kepribadian dan gaya hidup.

4. Hinge

Hinge berfokus pada hubungan jangka panjang dan menggunakan pertanyaan dan jawaban untuk membantu pengguna membuat profil yang lebih mendalam dan bermakna.

5. Grindr

Khusus ditujukan untuk komunitas LGBTQ+, Grindr memungkinkan pengguna untuk mencari pengguna lain berdasarkan lokasi geografis.

6. Her

Aplikasi ini dirancang khusus untuk wanita lesbian, biseksual, dan queer. Her menyediakan platform untuk membangun komunitas dan mengembangkan hubungan.

Penting untuk diingat bahwa meskipun ada aplikasi kencan yang dirancang dengan tujuan yang positif, pengguna tetap perlu berhati-hati dan mengambil langkah-langkah keamanan dalam berinteraksi dengan orang yang ditemui secara online. Selalu pastikan untuk membaca dan memahami kebijakan privasi serta pedoman penggunaan setiap aplikasi kencan sebelum menggunakannya.

Author: Rayres