6 Game Online Yang Pernah Terlibat Industri Bisnis Rahasia

6 Game Online Yang Pernah Terlibat Industri Bisnis Rahasia

6 Game Online Yang Pernah Terlibat Industri Bisnis Rahasia – Game yang memiliki sejarah atau cerita di balik layar yang tidak banyak orang tahu. Ini seperti drama atau gosip di dunia game yang tidak begitu terbuka untuk publik.

Biasanya, game-game ini memiliki konflik, intrik, atau kontroversi yang terjadi di belakang layar, seperti perselisihan antara pengembang game, perusahaan penerbit, atau bahkan pemain.Salah satu contoh game online yang pernah terlibat dalam industri bisnis rahasia adalah Star Citizen.

Game ini awalnya dipromosikan sebagai proyek ambisius dengan penggalangan dana dari para penggemar, tetapi seiring berjalannya waktu, muncul berbagai masalah terkait dengan pengelolaan dana, perkembangan game yang lambat, dan tuduhan penyelewengan dana. Drama ini membuat banyak orang penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi di dalam perusahaan pengembang game, Cloud Imperium Games.

Tak hanya itu, beberapa game online lainnya juga terlibat dalam bisnis rahasia seperti No Man’s Sky. Game ini awalnya dijanjikan memiliki fitur-fitur yang sangat ambisius, tetapi saat diluncurkan, banyak fitur yang hilang dan pemain merasa kecewa. Ini memunculkan banyak teori konspirasi dan spekulasi tentang apa yang sebenarnya terjadi selama pengembangan game ini dan apakah ada tekanan dari penerbit atau pengambilan keputusan yang buruk.

Game online juga bisa terlibat dalam industri bisnis rahasia ketika ada hubungan yang rumit antara pemain dan pengembang game. Misalnya, dalam Eve Online, ada insiden besar yang terkenal sebagai The Guiding Hand Social Club Heist, di mana sebuah aliansi pemain melakukan pencurian dalam game yang rumit dan berhasil merampok aset dalam jumlah besar. Cerita di balik perencanaan dan pelaksanaan insiden ini membuat banyak pemain dan penggemar game ini terlibur.

Selain itu, beberapa game online juga memiliki masalah dengan penyalahgunaan narkoba atau kecanduan dalam komunitas pemainnya. Game online seperti World of Warcraft dan Fortnite telah terlibat dalam kontroversi terkait kecanduan pemain dan dampak negatifnya pada kesehatan mental mereka.

Perusahaan pengembang game bahkan memiliki pengetahuan tentang masalah ini, tetapi sering kali tidak sepenuhnya terbuka tentang tindakan apa yang mereka ambil untuk mengatasi masalah tersebut. Ini bisa melibatkan perselisihan dalam pengembangan game, kontroversi terkait penyalahgunaan narkoba, atau peristiwa besar dalam komunitas pemain.

6 Game Online Yang Pernah Terlibat Industri Bisnis Rahasia

Industri bisnis rahasia game online melibatkan beberapa judul game yang kontroversial atau terlibat dalam praktik bisnis yang kurang etis.

6 judul game yang pernah terlibat dalam industri ini adalah :

1. Star Wars Battlefront II (2017)

Game ini menjadi sorotan karena sistem loot box yang sangat kontroversial, di mana pemain dapat membeli kotak loot dengan uang sungguhan untuk mendapatkan item dalam game, termasuk item yang memberikan keuntungan dalam gameplay. Praktik ini memicu perdebatan tentang apakah itu merupakan perjudian dan apakah ini merugikan pengalaman bermain.

2. Middle-earth: Shadow of War (2017)

Game ini juga menggunakan sistem loot box dan mikrotransaksi yang kontroversial, yang memengaruhi permainan dan pengalaman pemain. Pengembang akhirnya menghapus sistem loot box setelah tekanan dari komunitas game.

3. Anthem (2019)

Game ini menerima kritik karena perilaku mikrotransaksi dan ketidaksetaraan dalam distribusi loot dalam permainan. Pengembang BioWare melakukan beberapa perubahan, tetapi permainan ini tetap memiliki reputasi yang buruk.

4. Fallout 76 (2018)

Game ini menerima kritik keras karena diluncurkan dalam kondisi yang sangat buggy dan tidak lengkap. Beberapa pemain merasa bahwa Bethesda Softworks telah menjual produk yang cacat.

5. Evolve (2015)

Game ini menjadi kontroversial karena mencoba menggabungkan model bisnis berbasis mikrotransaksi yang kuat dengan harga premium permainan penuh. Hal ini membuat pemain merasa bahwa mereka harus mengeluarkan banyak uang tambahan untuk mendapatkan pengalaman bermain yang lengkap.

6. Battlefront II (2005)

Meskipun ini adalah judul yang lebih lama, Battlefront II tahun 2005 memiliki masalah dengan modding dan penipuan yang melibatkan item-item dalam game.

Ini hanyalah beberapa contoh judul game yang terlibat dalam industri bisnis rahasia game online. Banyak dari game-game ini telah mengalami perubahan atau reformasi dalam respons terhadap kritik dan kontroversi yang muncul dari praktik bisnis yang kurang etis.

Kejadian-kejadian ini mencerminkan pentingnya transparansi dan etika dalam industri game online untuk menjaga kualitas dan integritas pengalaman bermain.

Author: Rayres