7 Aplikasi di Play Store Perlu Diperiksa Untuk Keamanan Anak

7 Aplikasi di Play Store Perlu Diperiksa Untuk Keamanan Anak

7 Aplikasi di Play Store Perlu Diperiksa Untuk Keamanan Anak – Bro, jangan remehkan soal aplikasi di Play Store yang perlu kamu periksa buat keamanan anak-anak. Hal ini sangat penting buat orang tua dan wali murid buat mengecek aplikasi sebelum ter-download buat anak-anak mereka. Jadi, kan memang Play Store sangat banyak aplikasi yang sebenarnya bukan cuma buat hiburan saja, tapi juga bisa jadi mebawa risiko buat si kecil.

Pada beberapa aplikasi itu bisa saja punya konten yang tidak sesuai buat anak-anak. Misalnya, ada yang punya iklan atau pop-up yang tidak pantas, atau bahkan ada yang menyelipkan konten dewasa. Waduh, serem kan? Jadi, buat jaga-jaga, sebelum ter-download, orang tua perlu mengecek dulu rating dan review-nya. Biar tahu, apakah aplikasinya aman buat anak atau tidak.

Terus, penting juga buat lihat detail izin yang diminta sama aplikasi. Kadang ada aplikasi yang minta akses ke kamera, lokasi, atau data pribadi anak. Nah, ini kudu waspadai, bro! Jangan sampai data anak jadi terselewengkan atau termanfaatikan dengan tidak benar. Pastikan deh orang tua baca dulu izin-izin apa saja yang diminta sama aplikasi sebelum ter-approve.

Selain itu, ada juga aplikasi yang punya fitur interaksi sama pengguna lain, kan. Nah, ini bisa jadi riskan buat anak-anak. Bisa saja mereka ketemu sama orang yang tidak benar. Jadi, pastikan aplikasi tersebut punya fitur keamanan buat kontrol interaksi anak, seperti filter komentar atau pembatasan konten.

Oleh karena itu, sebaiknya juga buat orang tua buat aktifkan fitur kontrol orang tua pada perangkat anak. Karena biasanya ada pengaturan buat membatasi waktu layar, konten yang boleh terakses, sampai filter kata-kata yang tidak pantas. Biar lebih aman.

Intinya, bro, yang namanya Play Store memang punya banyak aplikasi keren, tapi tetap saja perlu hati-hati, apalagi buat anak-anak. Jangan asal download, pastikan aplikasinya aman dan sesuai buat si kecil. Gimana, paham kan? Jaga-jaga itu penting, bro!

7 Aplikasi di Play Store Perlu Diperiksa Untuk Keamanan Anak

Untuk memastikan keamanan anak-anak pada perangkat Android, disarankan untuk selalu memeriksa ulasan, peringkat, dan kebijakan privasi setiap aplikasi sebelum menginstalnya.

7 aplikasi di Play Store yang perlu diperiksa untuk keamanan anak-anak :

1. Google Family Link

Aplikasi ini memungkinkan orang tua untuk mengontrol dan memantau aktivitas anak-anak di perangkat Android, termasuk pengaturan waktu penggunaan dan aplikasi yang dapat diakses.

2. YouTube Kids

Versi khusus untuk anak-anak dari platform video YouTube. Menawarkan konten yang lebih aman dan bersih, serta memberikan kontrol orang tua terhadap pengaturan tontonan.

3. KIDOZ: Kids Mode & Safe Video

Aplikasi ini menyediakan lingkungan yang aman untuk anak-anak dengan akses terbatas ke aplikasi dan konten yang disaring untuk usia anak-anak.

4. Kid’s Shell – Safe Kid Launcher

Merupakan peluncur (launcher) yang dirancang khusus untuk anak-anak. Orang tua dapat mengatur aplikasi apa yang dapat diakses anak-anak.

5. Norton Family parental control

Aplikasi ini membantu orang tua mengontrol waktu penggunaan perangkat, melacak lokasi anak, dan memberikan pemantauan internet yang aman.

6. Safe Kids – Screen Time & GPS Tracker

Aplikasi ini memungkinkan pengaturan waktu layar, pelacakan lokasi, dan pengelolaan aplikasi untuk melindungi anak-anak secara online dan offline.

7. Qustodio Parental Control

Menawarkan kontrol orang tua terhadap waktu layar, pemantauan aktivitas online, dan pengaturan perangkat secara keseluruhan.

Pastikan untuk membaca ulasan pengguna dan pembaruan terbaru pada aplikasi tersebut sebelum menginstal, karena keamanan dan fungsionalitas aplikasi dapat berubah seiring waktu. Selain itu, perlu bahwa pendekatan terbaik untuk melindungi anak-anak adalah melibatkan komunikasi terbuka dengan mereka dan memberikan pemahaman tentang penggunaan yang aman dan bertanggung jawab terhadap teknologi.

Author: Rayres