7 Aplikasi Kontroversial Yang Pernah Ada di Play Store

7 Aplikasi Kontroversial Yang Pernah Ada di Play Store

7 Aplikasi Kontroversial Yang Pernah Ada di Play Store – Aplikasi yang paling nyeleneh yang pernah nongkrong di Play Store,memang bikin heboh abis! Jadi begini, ada beberapa aplikasi yang isinya terkadang melanggaraturan. Ini bukan sekadar aplikasi biasa, bro, karena katanya bisa membaca pikiran orang. Pada awalnya banyak yang penasaran, tapi ternyata malah bikin kontroversi besar. Aplikasi ini katanya bisa menyelidik apa yang kamu pikirkan danbicarakan, sampai bocor ke teman-teman kamu. Kalau  sudah begini artinya sangat kelewatan gaes.

Nah, yang lebih bikin heboh lagi,  ada aplikasi yang juga tidak kalah kontroversialnya. Konsepnya simpel saja, tapi kontennya bisa bikin geger. Katanya sih, bisa memberi tahu rahasia-rahasia orang terdeket kamu. Tak heran deh, banyak yang ribut karena privasi jadi taruhannya. Bukan cuma itu, aplikasi ini juga punya fitur ‘tebak jodoh’ yang bikin orang semakin kepo. Namun, banyak yang protes karena dapat melanggar etika dan privasi orang lain, bro.

Sekarang, ada lagi aplikasi yang katanya bisa menebak drama  kehidupan orang. Jadi, kamu tinggal input nama orang, nanti aplikasi ini bakal memberi tahu drama apa saja yang lagi dihadapi oleh orang itu. Awalnya sih pada penasaran, tapi lama-lama malah jadi kontroversial. Banyak yang bilang ini seperti menyerang privasi orang tanpa izin. Memang sih, kadang-kadang hal-hal seperti ini bikin kita jadi berpikir, sejauh mana kita boleh mengintip kehidupan orang lain.

Tidak kalah gokil, ada juga aplikasi yang mengaku-ngaku bisa menampilkan foto-foto yang orang lain simpan di galerinya tanpa sepengetahuan mereka. Wah, ini namanya sudah crossing the line , ya! Mendingan tidak usah pakai aplikasi seperti ini, mendingan jaga privasi saja. Sudah banyak yang protes soal ini, karena merasa terancam dan tidak aman.

Ada juga aplikasi yang konsepnya bisa mencari tahu rumor-rumor yang lagi hits pada sekitaran kamu. Tapi, malah jadi sumber kontroversi karena banyak yang merasa terintai sama aplikasi ini. Wajar sih, karena siapa sih yang mau rumor pribadinya tersebar ke mana-mana?

Pokoknya, aplikasi-aplikasi kontroversial seperti ini sering bikin heboh, bro. Meskipun pada awalnya banyak yang penasaran, tapi akhirnya malah bikin risih dan was-was soal privasi. Jadi, lebih baik hati-hati sebelum download aplikasi yang nyeleneh, jangan sampai bikin masalah yang tak perlu.

7 Aplikasi Kontroversial Yang Pernah Ada di Play Store

Beberapa aplikasi kontroversial yang pernah ada di Play Store melibatkan isu keamanan, privasi, atau konten yang teranggap tidak sesuai. Sstatus dan ketersediaan aplikasi dapat berubah seiring waktu, dan beberapa aplikasi mungkin telah terhapus atau diubah oleh pengembang atau platform.

7 Aplikasi Kontroversial Yang Pernah Ada di Play Store :

1. Sarahah (2017)

Sarahah awalnya dirancang sebagai aplikasi umpan balik anonim yang memungkinkan pengguna mengirim pesan tanpa mengungkap identitas mereka. Namun, aplikasi ini menjadi kontroversial karena disalahgunakan untuk mengirim pesan beracun atau pelecehan.

2. FaceApp (2019)

FaceApp memungkinkan pengguna untuk mengedit foto wajah mereka dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan. Aplikasi ini menjadi kontroversial karena kekhawatiran terkait privasi pengguna, terutama mengenai bagaimana data foto terolah dan tersimpan oleh perusahaan pengembang.

3. Clean Master (dan aplikasi serupa)

Aplikasi pembersih dan pengoptimalkan seperti Clean Master telah tertuduh melakukan kegiatan yang merugikan pengguna, seperti pengumpulan data yang berlebihan dan tindakan agresif untuk mendorong pengguna mengunduh aplikasi tambahan.

4. Snaptube (dan aplikasi pengunduh video serupa)

Snaptube adalah aplikasi pengunduh video yang telah mendapat kecurigaan menyertakan malware dan melanggar hak cipta. Penggunaan aplikasi semacam ini dapat melibatkan risiko keamanan dan masalah hukum terkait.

5. HKmap.live (2019)

Aplikasi ini, yang memberikan informasi tentang lokasi demonstrasi di Hong Kong, menjadi kontroversial karena tertuduh oleh pemerintah Tiongkok sebagai alat untuk mendukung protes politik. Apple dan Google akhirnya menghapus aplikasi ini dari App Store dan Play Store setelah tekanan politik.

6. Popcorn Time (2014)

Aplikasi ini, yang memungkinkan pengguna untuk menonton konten streaming tanpa izin pemilik hak cipta, menjadi sangat kontroversial dan bahkan tertuduh sebagai bentuk pembajakan. Sejumlah versi Popcorn Time telah dihapus dari Play Store.

7. Flappy Bird (2014)

Meskipun bukan kontroversi terkait privasi atau keamanan, Flappy Bird menciptakan kontroversi karena popularitasnya yang meledak dan dampaknya pada kesehatan mental pengguna. Pengembang akhirnya menghapus game ini dari toko aplikasi.

Kebijakan Play Store terus berkembang, dan aplikasi-aplikasi yang melanggar aturan atau meresahkan pengguna dapat dihapus dari platform. Selalu bijak dalam memilih dan menginstal aplikasi, serta memperhatikan ulasan pengguna dan peringkat keamanan sebelum mengunduh.

Author: Rayres