7 Aplikasi Streaming Live di Play Store Tidak Cocok Untuk Anak

7 Aplikasi Streaming Live di Play Store Tidak Cocok Untuk Anak

7 Aplikasi Streaming Live di Play Store Tidak Cocok Untuk Anak – Aplikasi yang menampilkan konten dewasa atau tidak sesuai untuk usia anak-anak. Sebagian besar dari aplikasi ini terancang untuk menayangkan konten video secara langsung, termasuk acara, pertunjukan, atau bahkan siaran langsung dari pengguna. Namun, beberapa dari aplikasi tersebut menyajikan materi yang mungkin tidak tepat atau tidak sesuai dengan norma-norma kepatutan untuk kalangan anak-anak.

Pertama, konten dewasa yang dapat ditemukan pada aplikasi tersebut dapat mencakup bahasa kasar, kekerasan, atau materi yang bersifat seksual. Anak-anak yang tidak memonitor dengan baik dapat terpapar pada konten yang tidak sesuai untuk usia mereka. Beberapa aplikasi streaming live bahkan mungkin menunjang pengguna untuk mengunggah konten sendiri tanpa filter atau sensor yang memadai, sehingga konten yang tidak sesuai bisa muncul secara tidak terduga.

Ketidakcocokan ini mungkin lebih diperparah oleh kurangnya pengawasan atau kontrol yang memadai dari pihak platform terhadap konten yang diunggah atau ditayangkan. Beberapa aplikasi mungkin tidak memiliki sistem yang efektif untuk memeriksa atau membatasi akses anak-anak ke konten-konten yang bersifat dewasa. Iklan yang ditampilkan dalam aplikasi dapat menjadi faktor tambahan yang tidak sesuai untuk anak-anak, karena mereka mungkin mengandung materi yang kurang pantas atau tidak cocok.

Penggunaan aplikasi ini tanpa pengawasan dapat membuka peluang bagi anak-anak untuk berinteraksi dengan orang asing atau mengeksplorasi konten yang dapat merugikan. Oleh karena itu, perlu perhatian lebih dari orang tua atau wali agar anak-anak tidak terpapar pada risiko yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, langkah-langkah pencegahan seperti mengaktifkan kontrol orang tua atau memilih aplikasi yang khusus terancang untuk anak-anak seharusnya segera terlaksana untuk memastikan penggunaan yang aman dan sesuai dengan usia anak-anak pada dunia digital yang semakin berkembang pesat ini.

7 Aplikasi Streaming Live di Play Store Tidak Cocok Untuk Anak

1. Twitch

Twitch adalah platform streaming terkemuka untuk para gamer. Pengguna dapat menonton live streaming permainan video, mendengarkan komentar, dan berinteraksi dengan penyiarnya.

Keistimewaan: Fokus pada game dan eSports, dengan fitur interaktif seperti obrolan langsung.

2. YouTube

Aplikasi YouTube memungkinkan pengguna untuk menyiarkan video secara langsung. Ini bukan hanya untuk game, tetapi juga untuk konten apapun, termasuk vlog, acara, dan lainnya.

Keistimewaan: Terintegrasi dengan platform YouTube yang luas.

3. Facebook Gaming

Platform ini menawarkan layanan streaming langsung untuk pemain dan para penggemar. Pengguna dapat menyaksikan live streaming, berpartisipasi dalam obrolan, dan memberikan dukungan kepada para penyiarnya.

Keistimewaan: Terhubung erat dengan ekosistem Facebook.

4. Instagram Live

Instagram Live memungkinkan pengguna untuk mengirim video langsung kepada pengikut mereka. Ini sering terpakai untuk berbagi momen sehari-hari dan berinteraksi dengan pengikut.

Keistimewaan: Terintegrasi dengan platform sosial Instagram.

5. Periscope – Live Video

Periscope, yang dimiliki oleh Twitter, memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming video secara langsung dan berinteraksi melalui komentar.

Keistimewaan: Integrasi yang baik dengan Twitter.

6. LiveMe

LiveMe adalah aplikasi streaming live yang memungkinkan pengguna untuk menyiarkan video secara langsung dan berinteraksi dengan penonton melalui obrolan.

Keistimewaan: Fokus pada konten live dari berbagai kategori.

7. BIGO LIVE

BIGO LIVE memungkinkan pengguna untuk menyiarkan kegiatan mereka secara langsung dan berinteraksi dengan penonton melalui obrolan dan hadiah virtual.

Keistimewaan: Fitur hadiah virtual dan kegiatan interaktif.

Pastikan untuk selalu memeriksa ulasan, peringkat, dan bahkan persyaratan sistem aplikasi sebelum mengunduhnya untuk memastikan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Author: Rayres