8 Cara Menavigasi Aplikasi PlayStore Yang Tidak Aman Bagi Anak

8 Cara Menavigasi Aplikasi PlayStore Yang Tidak Aman Bagi Anak

8 Cara Menavigasi Aplikasi PlayStore Yang Tidak Aman Bagi Anak РBuat kamu yang lagi bingung mencari aplikasi di PlayStore yang aman buat adik kecil, mendingan tahu dulu cara menavigasi yang tidak aman buat anak. Pada  kesempatan ini kita kan membahasnya, jadi kaliano bisa lebih aware buat jaga si kecil dari aplikasi-aplikasi yang kurang benar.

Sebagai orangtua harus hati-hati sama iklan. Banyak sekali iklan yang terkesan menggiurkan, tapi sebenernya isinya tidak jelas. Kalau ada aplikasi yang banyak iklannya dan terlalu menonjol, bisa jadi itu tidak aman buat anak. Biasanya, mereka sengaja pakai iklan yang bikin penasaran buat menarik perhatian anak-anak.

Check rating dan review dari aplikasi yang kamu mau download. Kalau ratingnya rendah dan banyak yang berbicara negatif, berarti kamu harus waspada. Anak-anak kan suka mainan yang lucu-lucu, tapi tidaak semua yang lucu itu aman. Bisa jadi ada isu keamanan atau konten yang tidak cocok buat anak.

Selanjutnya, cek permission aplikasi. Kalau aplikasi minta akses yang tidak masuk akal, seperti akses ke kamera atau kontak, sebaiknya kalian harus berpikir dua kali buat download. Bisa saja aplikasi itu menyamar buat merampas data anak-anak atau bahkan meerusak privasi mereka.

Buat kalian yang punya adik kecil, sebaiknya pantau juga waktu mainnya. Ada aplikasi yang memeberi konten yang tidak sesuai buat anak-anak tapi di-playstore saja. Jadi, kamu harus tau apa saja yang mereka akses pas main aplikasi itu.

Jangan lupa juga buat aktifin Parental Control di PlayStore. Dengan ini, kamu bisa kontrol dan batas akses aplikasi yang tidak cocok buat anak-anak. Saran ini sebaiknya menjadi perhatian penuh  buat yang punya adik kecil, biar lebih aman saja.

Selalu update aplikasi yang sudah kamu download. Developer kadang-kadang ngefix bug atau masalah keamanan di versi terbaru. Kalau tidak update, bisa saja adik kecil jadi korban keamanan yang kurang terjaga. Jadi, yang penting tetap aware dan jangan asal download, ya!

8 Cara Menavigasi Aplikasi PlayStore Yang Tidak Aman Bagi Anak

Menavigasi Aplikasi Play Store untuk memastikan keamanan anak-anak memerlukan perhatian dan pemahaman terhadap konten yang dapat diakses oleh mereka.

8 cara untuk menavigasi Aplikasi Play Store dengan lebih aman :

1. Pengaturan Kontrol Orang Tua

Aktifkan pengaturan kontrol orang tua pada perangkat Android. Sehingga ini menunjang Anda untuk mengontrol akses anak terhadap aplikasi, game, hingga konten lainnya.

2. Pilih Aplikasi Sesuai Usia:

Saat menjelajahi Play Store, perhatikan kategori Usia & Keluarga pada deskripsi aplikasi. Pilih aplikasi yang sesuai dengan usia anak Anda.

3. Baca Ulasan dan Penilaian:

Sebelum mengunduh aplikasi, baca ulasan dan penilaian dari pengguna lain. Sehingga ini dapat memberikan wawasan tentang pengalaman pengguna lainnya dan membantu Anda memutuskan apakah aplikasi tersebut cocok untuk anak-anak.

4. Perhatikan Rating Konten

Lihat rating konten pada aplikasi. Play Store menyediakan sistem rating yang membantu Anda menilai sejauh mana konten aplikasi cocok untuk anak-anak, seperti E for Everyone atau PEGI 3.

5. Gunakan Mode Anak (Kids Mode)

Beberapa perangkat Android dan aplikasi Play Store memiliki mode khusus anak-anak. Aktifkan mode ini untuk menyaring dan bahkan memberikan akses terbatas hanya pada konten yang sesuai untuk anak-anak.

6. Batasi Pembelian Dalam Aplikasi

Jika anak-anak Anda menggunakan perangkat untuk bermain game, pastikan untuk mengaktifkan pengaturan pembelian dalam aplikasi yang memerlukan kata sandi atau bahkan otorisasi orang tua.

7. Periksa Izin Aplikasi

Saat mengunduh aplikasi, periksa izin yang diminta oleh aplikasi tersebut. Jika aplikasi meminta izin yang tidak sesuai dengan fungsinya atau terlalu invasif, sehingga pertimbangkan untuk mencari alternatif yang lebih aman.

8. Aktifkan Filter Keluarga

Aktifkan filter keluarga di Pengaturan Play Store untuk menyaring konten yang bahkan mungkin tidak cocok untuk anak-anak.

Dengan mengambil langkah-langkah ini, Anda dapat meningkatkan keamanan anak-anak saat menggunakan Aplikasi Play Store dan memastikan bahwa mereka hanya mengakses konten yang sesuai untuk usia mereka.

Author: Rayres